4 Makanan Penjaga Ketajaman Mata



4 Makanan Penjaga Ketajaman Mata [ www.BlogApaAja.com ]

Kesehatan tubuh sepertinya lebih diasumsikan dengan pencegahan serangan jantung, kolesterol, diabetes, dan segala macam gangguan serius. Namun, apakah Anda juga memperhatikan kesehatan mata? Kacamata sebagai alat bantu, bukan jawaban aman untuk masalah ini. Anda juga harus memperhatikan kualitas mata dengan asupan nutrisi yang diperlukan. Berikut beberapa pilihan makanan yang sangat bersahabat dengan mata.

- Tiram
Kandungan terbaik pada tiram, yakni seng, juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata. Mineral ini akan membantu produksi melanin dalam tubuh, dan pigmen yang membantu melindungi mata dari efek bahaya sinar ultraviolet. Namun, hindari tiram mentah yang sering terkontaminasi bakteri. Jenis makanan lain yang juga mengandung seng seperti kepiting, daging sapi, ayam, dan lobster juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan mata.

- Telur
Telur, terutama bagian kuningnya kerap dikaitkan sebagai makanan yang memperburuk kolesterol. Tapi di sisi lain, kandungan luteinnya bekerja sebagai antioksidan yang melindungi mata dari katarak, dan menjamin tidak bertambahnya angka minus. Dibandingkan dengan jenis makanan yang lain, tubuh lebih mudah menyerap lutein yang berasal dari telur. Atau jika Anda tidak terlalu suka telur, alternatif lutein yang lain bisa didapatkan dari bayam, sawi, dan kangkung.

- Ikan salmon
Selain menjaga kesehatan jantung, omega-3 yang merupakan asam lemak dalam ikan dapat mengurangi risiko yang berkaitan dengan degenerasimacula.Maculasendiri di Amerika banyak diderita para usia lanjut dan menjadi penyebab utama kebutaan. Kekurangan asupan omega 3 juga membuat mata menjadi lebih kering.

- Susu
Khasiatnya untuk tulang tidak perlu diragukan. Ternyata susu juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin D-nya merupakan anti inflamasi untuk melindungi ketajaman pengelihatan. Tentu saja Anda harus memilih susu rendah lemak, untuk mengurangi resiko yang lainnya.

Baca Juga :10 Makanan Untuk Kesehatan Mata


Follow On Twitter