Faktor Yang Mepengaruhi Kinerja Pegawai



Faktor Yang Mepengaruhi Kinerja Pegawai [ www.BlogApaAja.com ]

FAKTOR YANG MEPENGARUHI KINERJA PEGAWAI | Dalam upaya mencapai kinerja pegawai yang terbaik, ada beberapa faktor berperan sangat signifikan dan menurut Davis Newstorm (1985) ada dua faktor utama yang mampu mempengaruhi kinerja seseorang.

Baca juga : 10 tips cara negosisi gaji, sikap wanita terhadap suami setelah nikah, nasib pekerja outsorcing

1. Kemampuan







Kemapuan seseorang pegawai sangat di tentukan oleh pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya, sementara motivasi terbentuk oleh sikap (attitude) pegawai dan situasi kerja. Secara psikologis kemampuan pegawai terdiri kemapuan potensi dan kemampuan realitas, artinya pegawai yang memiliki IQ di atas rata-rata (110-120) dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan jabatannya dan terampil dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari dengan mudah akan mampu mencapai kinerja yang diharapkan (

the right man on the right place, and the right man on the right job

)

2. Motivasi







Motivasi terbentuk dari sikap seseorang pegawai dalam menghadapi situasi kerja. Faktor ini mampu mendorong pegawai untuk berusaha mencapai prestasi kerja secara maksimal, dan selanjutnya mencapai tujuan orgnisasi. sikap yang diharapkan dari seseorang pegawai adalah sikap mental yang siap secara psikofisik (mental, fisik, tujuan dan situasi). artinya seseorang pegawai harus siap mental, mampu secara fisik, memahami tujuan utama dan target kerja yang akan dicapai, mampu memanfaatkan, dan menciptakan situasi kerja yang kondusif.

Selain kedua situasi diatas faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai adalah organisasi tempat berlangsungnya proses kegiatan yang menghasilkan kinerja pegawai dan faktor tersebut adalah:

a. daya

b. Kejelasan tugas

c. Sarana dan prasarana tempat kerja yang membuat situasi kondusif

Follow On Twitter