11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno



Mesir Kuno berdiri sebagai salah satuperadaban dunia yang paling canggih selama hampir 3.000 tahun dan menciptakansebuah budaya yang begitu kaya sehingga melahirkan bidang studi tersendiri(Egyptology). Tetapi, sementara kesenian arsitektur dan metode penguburan MesirKuno menjadi daya tarik abadi, masih ada banyak hal yang mungkin beluma Andaketahui tentang Mesir Kuno. Sebelas di antaranya ada pada daftar di bawahini:

1. Cleopatra bukan orang asli Mesir



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Bersama Raja Tut, Cleopatra VII merupakansosok paling terkenal dalam sejarah Mesir Kuno. Tapi, tahukah Anda, meski ialahir di Alexandria, Cleopatra sebenarnya mewarisi garis darah Yunani Makedoniadari Ptolemy I, salah satu letnan terbesar Alexander Agung. Dinasti Ptolemaicmemerintah Mesir selama 323-30 SM dan sebagian besar pemimpinnya tetapmempertahankan budaya dan sensibilitas Yunani. Bahkan, Cleopatra dikenalsebagai salah satu anggota pertama dari dinasti Ptolemaic yang benar-benarberbicara dalam bahasa Mesir.

2. Mesir Kuno turut memprakarsai salah satuperjanjian damai paling awal



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Selama lebih dari dua abad bangsa Mesir Kunoberperang melawan Kekaisaran Hittit untuk menguasai tanah yang sekarang disebutSuriah. Konflik ini memunculkan pertumpahan darah, seperti Pertempuran Kadesh(1274 SM). Tetapi, hingga masa Ramses II, tidak ada pihak yang tampil sebagaipemenang. Ditambah lagi, bangsa Mesir Kuno dan orang-orang Hittit sama-samamenghadapi ancaman dari luar pada tahun 1259 SM.

Ramses II dan Raja Hittit, Hattusili III,merundingkan perjanjian damai. Perjanjian ini mengakhiri konflik dan memutuskanbahwa dua kerajaan akan saling membantu dalam menghadapi invasi pihak ketiga.Perjanjian tersebut kini diakui sebagai salah satu kesepakatan awal perdamaiandan salinannya dapat dilihat di atas pintu masuk menuju ruang Dewan KeamananPBB di New York.

3. Mesir kuno menyukai permainan papan.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Setelah bekerja di sepanjang Sungai Nil,orang-orang Mesir Kuno menghabiskan waktu santainya dengan bermain permainanpapan. Beberapa permainan yang dimainkan di antaranya adalah "Mehen" dan"Anjing dan Serigala." Tetapi, yang paling populer adalah permainan peluangyang dikenal sebagai "Senet." Hobi ini tertanggal sejauh 3500 SM dandimainkan pada papan panjang dengan 30 kotak.

Setiap pemain memiliki satu set potongan yangbergerak di sepanjang papan sesuai dengan gulungan dadu atau tongkat pelempar.Sejarawan masih memperdebatkan aturan permainan Senet, tapi ada sedikitkeraguan popularitas permainan. Foto di atas menggambarkan Ratu Nefertarisedang bermain Senet dan di kuburan Tutankhamen bahkan ditemukan papanpermainan itu.

4. Perempuan Mesir Kuno memiliki berbagai hakdan kebebasan.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Ketika para perempuan sejaman mungkindipandang lebih rendah dari pria, sebaliknya perempuan Mesir Kuno menikmatibanyak kemandirian hukum dan finansial. Mereka bisa membeli dan menjualproperti, bertugas sebagai juri, membuat surat wasiat dan bahkan masuk ke dalamkontrak hukum. Perempuan Mesir Kuno tidak biasa bekerja di luar rumah, tetapimereka yang melakukan pekerjaan yang sama dengan pria menerima upah yang samapula.

Berbeda dengan perempuan Yunani Kuno, yangsecara efektif dimiliki oleh suami mereka, para perempuan Mesir Kuno memilikihak untuk bercerai dan menikah kembali. Pasangan Mesir Kuno bahkan jugamenegosiasikan perjanjian pranikah. Kontrak ini berisi properti dan kekayaanperempuan yang dibawa ke pernikahan dan dijamin bahwa ia akan diberikankompensasi ketika terjadi perceraian.

5. Pekerja Mesir juga melakukan mogok kerja.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Meskipun firaun dianggap sebagai dewa, parapekerja Mesir Kuno tidak takut untuk menuntut kondisi kerja yang lebih baik.Contoh yang paling terkenal datang di abad ke-12 SM pada masa pemerintahanfiraun kerajaan baru, Ramses III. Ketika buruh terlibat dalam pembangunanpekuburan kerajaan di Deir el-Madinah tidak menerima pembayaran sepertibiasanya yang berupa biji-bijian, mereka mengorganisir salah satu mogok kerjapertama yang tercatat dalam sejarah. Mereka hanya duduk-duduk, hanya memasukikuil kamar mayat terdekat dan menolak untuk bekerja sampai keluhan merekadidengar. Protes mereka didengar dan akhirnya mereka menerima jatah, meskitelat.

6. Firaun Mesir sering kelebihan berat badan.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Seni Mesir Kuno umumnya menggambarkan firaunberbadan ramping, tapi hal ini kemungkinan besar tidak terjadi. Makanan MesirKuno kebanyakan terdiri dari bir, anggur, roti dan madu yang semuanyamengandung kadar gula yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa makanan-makanantersebut mungkin telah membuat pinggang para bangsawan melar. Pemeriksaan mumipun menunjukkan bahwa penguasa Mesir Kuno banyak yang tidak sehat, kelebihanberat badan, bahkan menderita diabetes. Sebuah contoh penting adalah RatuHatshepsut yang hidup pada abad ke-15 SM. Sementara sarkofagusnya menggambarkandirinya ramping dan atletis, sejarawan percaya bahwa ia benar-benar gemuk danbotak.

7. Piramida tidak dibangun oleh para budak.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Kehidupan pembangun piramida tentu tidak mudah-kerangkapekerja biasanya menunjukkan tanda-tanda arthritis dan penyakit lainnya-tetapibukti menunjukkan bahwa piramida tidak dibangun oleh budak, melainkan olehburuh bayaran. Para pekerja konstruksi kuno adalah campuran dari pengrajinterampil dan pekerja sementara. Beberapa di antara mereka tampaknya bangga atashasil kerajinan mereka. Grafiti yang ditemukan di dekat monumen menunjukkanbahwa mereka sering membuat nama-nama lucu, seperti "Para pemabuk dariMenkaure" atau "Kawan-kawan Khufu".

Gagasan bahwa budaklah yang membangun piramidapertama kali dimunculkan oleh sejarawan Yunani, Herodotus pada abad ke-5 SM,namun sebagian besar sejarawan sekarang menganggapnya sebagai mitos. MeskiMesir Kuno tidak anti perbudakan, budak-buda itu tampaknya banyak digunakan sebagaipekerja lapangan dan pembantu rumah tangga.

8. Raja Tut mungkin telah dibunuh oleh kudanil.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Sangat sedikit yang diketahui tentangkehidupan Tutankhamen, tetapi scan menunjukkan tubuh raja muda itu dibalsemtanpa hati atau dinding dada. Ini menunjukkan bahwa ia mungkin telah mengalamicedera mengerikan sebelum kematiannya. Menurut beberapa Egyptologist, salahsatu penyebab yang paling mungkin adalah luka akibat gigitan kuda nil. Buktimenunjukkan bahwa orang-orang Mesir Kuno memburu binatang ini sebagai ajangolahraga dan patung-patung yang ditemukan di makam Raja Tut pun menggambarkania tengah melemparkan tombak.

9. Beberapa dokter Mesir Kuno memiliki bidangstudi khusus.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Seorang dokter kuno biasanya bersifat allarround, namun bukti menunjukkan bahwa dokter Mesir Kuno kadang-kadang terfokuspada penyembuhan hanya satu bagian dari tubuh manusia. Bentuk awal spesialisasimedis pertama kali dicatat pada tahun 450 SM oleh Herodotus. Ia menulis,"Setiap dokter adalah penyembuh satu penyakit dan cukup itu saja ...beberapa unutk mata, beberapa untuk gigi, sebagian dari apa yang berkenaandengan perut." Para spesialis bahkan memiliki nama tertentu.

10. Mesir Kuno punya banyak hewan peliharaan.



11 Fakta Menarik Tentang Bangsa Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Orang-orang Mesir Kuno melihat hewan sebagaiinkarnasi dari dewa-dewa dan salah satu peradaban pertama yang memelihara hewanpeliharaan di rumah tangganya. Mesir Kuno sangat menyukai kucing yang dikaitkandengan Dewi Bastet, tetapi mereka juga memiliki rasa hormat terhadap elang,ibis, anjing, singa dan babon. Hewan-hewan tersebu diberi tempat khusus dirumah-rumah Mesir Kuno. Hewan-hewan itu pun mereka sering dimumikan dandikuburkan

Follow On Twitter